Jumat, 28 Januari 2011

MATERI COREL DRAW

TUTORIAL COREL


Pelatihan:
Corel Draw
BaB 1
>> Pendahuluan <<

Corel Draw sebagai salah satu aplikasi desktop publishing terpopuler yang mefokuskan diri pada pengolahan vektor. Program grafis ini memang begitu besar pengaruhnya terhadap perkembangan desain komputer pada umumnya. Banyak pengguna yang menyatakan bahwa perkembangan CorelDraw telah begitu pesat mempengaruhi perkembangan seni grafis digital yang semakin mempesona. perkembangan software desain grafis telah mempengaruhi pula pandangan tentang seni digital yang baru ini. Pemanfaatan CorelDraw telah merambah kesemua bidang tidak hanya desain grafis semata, sehingga pemakaian CorelDraw semakin banyak diminati karena keluwesannya serta kemudahannya dalam hal pemakaian tool yang disediakan untuk memenuhi segala kebutuhan publikasi.
Beberapa fasilitas telah begitu berkembang seperti sebuah evolusi menuju kesempurnaan dan kemudahan. Telah menjadi ciri software dimana perkembangan perangkat serta tool yang menyertainya selalu diperbarui dan ditampilkan dengan wajah baru akan tetapi tidak meninggalkan esensi dasar dari perintah perintah dibalik tool tersebut.
Banyak sekali para pengguna CorelDraw yang fanatik pada release tertentu, dengan berbagai alasan yang menyertainya. banyak pula para profesional pengguna CorelDraw begitu terpaku pada fungsi tool tertentu yang mana telah memenuhi kebutuhannya sehingga perkembangan fungsi, otomasi, serta diversifikasi fungsi menjadi kurang penting bagi pekerjaannya. buka suatu hal yang salah bila hal tersebut terjadi, sebab perkembanprofesional tentunya harus diperhitungkan pula dengan nilai tambah dalam hal mempelajari segala sesuatu yang berbau pembaruan.Perkembangan hardware telah begitu pesatnya melebihi perkembangan software pada umumnya. sehingga segala fasilitas yang telah disediakan oleh hardware terkadang belum tersentuh oleh software. Perkembangan release baru tentunyamempunyai misi untuk mengikuti perkembangan hardware dan mencoba memanfaatkan secara optimalsegala fasilitas yang ada tersebut. Kemampuan baru akan mempunyai sederet syarat yang harus dipenuhi dengan baik apabila ingin pengguna dapat menggunakannya secara optimal. Hal ini dapat mejadi sebuah bumerang jika keinginan pengguna untuk melakukan perubahan dan inovasi sangat rendah.
Bitmap dan Vektor
CorelDraw adalah program grafis dengan basis vektor atau garis. CorelDraw versi 11 dapat pula mengolah gambar dengan basis bitmap dengan hasil yang tidak kalah dengan pengolah bitmap yang sesungguhnya.  Bitmap tersusun dari titik - titik kecil dengan sebutan pixel. dimana unsur terkecil ini akan membentuk suatu kesan yang ditangkap oleh mata sebagai sebuah gambar. Apabila gambar tersebut dibesarkan hingga melawati batas maksimalnya maka gambar tersebut akan terlihat unsur dasarnya yaitu kotak - kotak warna.
CorelDraw menggunakan dasar vektor dalam mengolah image, dimana unsur dasarnya adalah garis. Keuntungan dari vektor ini adalah gambar akan mempunyai ukuran yang relatif kecil, kemudian jika gambar dibesarkan maka tidak gambar akan tetap terlihat solid atau utuh.. Sebagai pengolah image berbasis vektor CorelDraw sangat powerfull dalam pengolahan image ilustrasi.Akan tetapi dengan perkembangan CorelDraw yang semakin pesat, pengolahan obyek bitmap dapat juga dengan mudah dimanipulasi dalam aplikasi CorelDraw, bahkan filter - filter efek khusus pengolah bitmap telah disertakan dalam fungsi tersendiri.
Banyak sekali keuntungannya jika kedua jenis gambar ini dapat diolah dalam satu aplikasi, sebab manipulasi obyek dengan lain aplikasi akan memperpanjang langkah dalam mewujudkan kmposisi image yang diinginkan. Anda harus mempunyai kemampuan untuk menganalisa, apakah perlu bantuan aplikasi lain atau cukup dengan menempa anda untuk secara cepat memutuskan apakah butuh aplikasi lain atau cukup dengan CorelDraw saja.

Spesifikasi hardware yang disarankan
Syarat utama yang umum untuk aplikasi grafis adalah kesediaan RAM atau memory yang mencukupi untuk menjalankan aplikasi tersebut. Untuk program CorelDraw 11, spesifikasi standar yang haus dipenuhi adalah sebagai berikut :
1.  Processor minimal Pentium II 233 MMX
2.  RAM minimal 128 MB
3.  Monitor Minimal SVGA
4.  VGA minimal 16 MB
5.  Ruang kosong Hardisk minimal 2 GB
Corel Draw adalah program untuk menggambar yang berbasis vektor, dimana user dapat dengan mudah membuat suatu desain secara profesional mulai dari pembuatan logo sederhana sampai pada desain ilustrasi yang rumit. Corel Draw juga mengembangkan kemampuan penanganan teks dan fasilitas penulisan teks yang memungkinkan untuk membuat proyek - proyek yang berkenaan dengan banyak naskah atau teks seperti brosur atau layout sebuah halaman.
Keunggulan program Corel Draw adalah pada user interface-nya yang mudah disesuaikan untuk mengelola toolbar secara utuh, hot key, menu, roll up dan status bar yang dapat dikonfigurasi sendiri. Bekerja dengan Corel Draw lebih menyenagkan dan mudah dalam pemakaiannya. fasilitas yag lain adalah Wizard Tutor Notes, menu-menu, serta dukungan dalam penggunaan tombol kanan mouse.



BaB 2

>> Mengenal alat <<

Untuk mulai bekerja menggunakan program CorelDraw 11, terlebih dulu memanggil program tersebut. Untuk memanggil programnya adalah sebagai berikut :



















Klik menu Start à Program à Program Grafis à Corel Draw à Coreldraw
Maka program CorelDraw akan muncul seperti berikut :
















Akan  tampil  pada  layar  beberapa  pilihan  yang  digunakan  untuk membuka  program
sebagai berikut :




















Menu yang bisa dipilih adalah :
-  New Graphic       : digunakan untuk membuka ruang kerja baru.
-  Open Last Edited : untuk mengaktifkan file yang sebelumnya teleh dibuat 
                             atau dibuka.
-  Open Graphic      : untuk mengaktifkan file yang teleh tersimpan pada 
                              memory/ disk
 Template            : untuk mengaktifkan desain template yang telah tersedia/ 
                             disediakan di dalam program CorelDraw
-  Corel Tutor        : untuk mengaktifkan tutorial interaktif yang ada/ terinstal 
                             dalam program CorelDraw.
-  What’s New?       : untuk mengetahui fasilitas terbaru apa saja yang 
ditawarkan oleh CorelDraw Versi terbaru ini dibandingkan dengan versi sebelumnya.


Jika memilih New Graphic maka akan tampil  di monitor seperti gambar di bawah, setelah itu bidang kerja siap digunakan.

g
 
l
 
k
 
j
 
i
 
h
 
f
 
e
 
d
 
c
 
b
 
a
 
         
          Gambar 2.1 Layar CorelDraw 11.
         
Keterangan :
          a.  Title Bar                     g.  Color Pallete
          b.  Menu Bar                    h.  Tool Box
          c.  Standard Tool Bar       i.  Vertical Scrool Bar
          d.  Property Bar               j.  Vertical Ruler
          e.  Horizontal Ruler                   k. Horizontal Scrool Bar
          f.  Printable area             l.  Status Bar

Title Bar
          Memberi informasi tentang nama file dan aplikasi yang sedang dibuka. Pada ujung pojok kanan atas terdapat tombol Maximize Button untuk membuat tampilan CoreDraw satu layar penuh, Minimize button untuk meletakkan program pada Taskbar menu, sedangkan Close button untuk mengakhiri program.

Menu Bar
          Menu Bar adalah barisan menu yang terdiri dari File, Edit, Layout, Type, Element, Utilities, View, Window dan Help. Semua perintah-perintah terdapat pada menu menu tersebut.

- Standard Tool Bar
          Perintah - perintah yang sering digunakan dapat juga diakses melalui Standard Tool Bar. Pada Standard Tool Bar terdapat icon - icon perintah yang sering kita gunakan, misalnya untuk membuat file baru, membuka file, menyimpan, mencetak dan sebagainya. Hanya dengan klik sekali pada icon yang dimaksud maka perintah akan langsung dijalankan oleh CorelDraw.

- Property Bar
          Property Bar merupakan baris perintah yang unik, karena tampilannya akan selalu berubah dan perintah-perintah yang ada didalamnya akan menyesuaikan dengan icon yang sedang aktif pada tool Box. Misalnya tool Box sedang aktif pada Zoom Tool, maka akan memunculkan property dari Zoom tool, demikian juga dengan tool-tool yang lain. Disini kita akan dapat lebih cepat dalam mengakses perintah-perintah yang berhubungan dengan tool yang sedang aktif.

- Horizontal Ruler
          berfungsi untuk membantu kita dalam membuat desain dengan ukuran yang tepat. karena terdapat mistar horizontal dengan satuan ukuran yang dapat kita ubah sewaktu-waktu.

- Printable Area
          merupakan area dimana desain kita diletakkan untuk dicetak. Untuk mendesain kita boleh di luar printable area, namun ketika akan dicetak maka harus dimasukkan ke printable area tersebut.

- Color Palette
          Warna merupakan unsur penting dalam sebuah desain grafis. Corel Draw memberikan berbagai kemudahan untuk mengakses dan memilih berbagai model warna. Kita dapat mengakses tool-tool warna melalui on-screen color palette, Color dialog box, maupun Color Roll-upuntuk memilih warna isi, outline, kertas dan lain-lain. Namun langkah yang tercepat untuk mengakses warna adalah melalui On-screen color palette yan gtesedia di sebelah kanan window.

- Tool Box
          merupakan barisan icon yang menyimpan berbagai macam perintah untuk pembuatan obyek dasar, editing obyek, efek-efek interaktif dan lain lain.


- Vertical Scrool Bar
          Penggulung halaman secara vertical. Anda dapat menggeser scrool bar ke atas dan kebawah untuk memperluas lembar kerja atau untuk melihat bagian tertentu dari gambar yang belum terlihat.

- Vertical Ruler
          Vertical ruler berfungsi untuk membuat garis bantu vertical.

Horizontal Scrool Bar
          penggulung halaman secara horisontal. Anda dapat menggeser horizontal scrool bar untuk melihat bagian kanan atau bagian kiri laembar kerja yang belum terlihat.

Status Bar
          Memberikan informasi tentang operasi yang sedang dilakukan, koordinat posisi mouse berada dan juga informasi tentang warna pada obyek yang sedang diaktifkan, baik warna fill maupun outline.

          Yang perlu diperhatikan pada setiap bagian window Corel Draw adalah, kita dapat mengakses suatu perintah melalui berbagai cara yang kita sukai. Misalnya untuk membuat file baru, dapat memalui menu bar, tool bar, maupun menggunakan perintah Short Cut.

TOOL BOX

          Tool Box merupakan sarana utama pada Corel Draw. Tool Box menyimpan berbagai perintah perintah untuk membuat obyek dasar, editing obyek, memberikan efek-efek interaktif dan lain-lain.

Gambar Tool Box.

 
           

          Pada  toolbox  terdapat  berbagai  peralatan  untuk  menggambar atau  membuat  desain. Ikon-ikon yang  tampil hanyalah sebagian dari yang  ada.  Untuk  melihat  ikon-ikon yang tersembunyi,  klik  pada  ikon dengan  durasi waktu  yang  agak  lama,  maka  akan  tampil ikon-ikon yang tersembunyi. Berikut ini tampilan ikonnya :


MEMBUAT DOKUMEN BARU
Untuk  membuat  dokumen  baru  langkah-langkah  yang  perlu dilakukan  adalah sebagai berikut :
-  klik New Graphic pada jendela Welcome to Corel Draw
-  beri nama dokumen tersebut dengan klik tombol Save dan isikan  nama filenya, kemudian    klik OK
-  dokumen baru yang telah diberi nama siap untuk diolah

Untuk  mengatur  ukuran  halaman  yang  akan  kita  buat,  kita  bisa mengaturnya  melalui panel property. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
-  klik pick tool
-  kemudian  lihat  ke  panel  property,  atur  berbagai  ukuran  halaman, baik  yang  dilakukan  secara  otomatis  dengan  settingan  yang  telah ada  di  property  corel  maupun setiingan menurut ukuran sendiri melalui Paper Width and Height








atau pengaturan halaman juga dapat dilakukan melalui :
-  klik menu layout
-  klik sub menu page setup
-  kemudian  akan  muncul  panel option  yang  berisi  tentang  setting dari  halaman yang ingin anda atur.


SETTING PAGE BACKGROUND
Untuk mengatur warna background, yang perlu dilakukan adalah :
-  klik menu layout
-  klik page background
-  atur background sesuai dengan selera anda

Ada 3 model bacground yang bisa dipilih yaitu :
-  no background
-  solid 
untuk background dengan warna polos bertipe vektor
-    bitmap
untuk background dengan jenis vektor misalnya foto

















BaB 3


>> Penggunaan alat-alat dasar <<



Membuat Kotak persegi Panjang dan Kubus

1.  Klik icon Rectagular Tool   pada tool box. Maka pointer akan berubah menjadi  
2.  Klik-tahan-geser menuju kanan bawah membentuk kotak.
3.  Lepaskan mouse, maka akan membentuk sebuah persegi panjang.
4.  Tekan-tahan tombol Ctrl pada keyboard, Klik-tahan-geser menuju  
     kanan bawah membentuk kotak.
5.  Lepaskan mouse, maka akan membentuk sebuah obyek bujur                           
       sangkar.

          contoh hasil :

          
          Gambar 3.1 Obyek kotak

Membuat Lingkaran dan Elipse

1.  Klik icon Ellipse Tool   pada Tool box. Maka pointer akan berubah      
     menjadi  
2.  Klik-tahan-geser menuju kanan bawah membentuk kotak.
3.  Lepaskan mouse, maka akan membentuk sebuah elips.
4.  Tekan-tahan tombol Ctrl pada keyboard, Klik-tahan-geser menuju  
     kanan bawah membentuk kotak.
5.  Lepaskan mouse, maka akan membentuk sebuah obyek lingkaran.

          Contoh hasil :

         
          Gambar 3.2. Obyek lingkaran


Membuat Polygon, Spiral dan Graph Paper

          Klik panah bawah yang terdapat pada sudut kanan bawah iconPolygon Tool, maka akan muncul icon seperti berikut : 
1.  Klik icon Polygon  untuk membuat polygon. Lalu bawa ke
     halaman dan klik-tahan-geser menuju kanan bawah. maka akan     
     menjadi obyek segilima.
2.  Klik icon Spiral Tool  . Lalu bawa ke halaman dan klik-tahan-               
     geser menuju kanan bawah. maka akan menjadi obyek spiral.
3.  Klik icon Graph Paper Tool  . Lalu bawa ke halaman dan klik-              
     tahan-geser menuju kanan bawah. maka akan menjadi obyek tabel.

     
    

     Gambar 3.3. Obyek Polygon, Spiral dan Graph.


Membuat Teks
1. Klik icon Text Tool  , maka pointer akan berubah menjadi
2. Klik di bagian bawah halaman, lalu ketik naskah “YOGYAKARTA ”

Note: Setiap selesai membuat obyek, selalu klik icon Pick Tool  .
hal ini untuk menghindari pembuatan obyek baru yang sama bentuknya.


MENGEDIT OBYEK DASAR

Menggeser Obyek
1.    Aktifkan obyek elips, maka dibagian sisi obyek tedapat delapan kotak
2.    kecil yang disebut dengan node serta terdapat tanda silang pada bagian tengah elips.
                             
                   Gambar 3.4 . Node

2.  Letakkan pointer pada tanda silang dibagian tengah obyek elips                        
      sehingga pointer berubah menjadi panah empat arah.
3.  Klik-tahan-geser ke tempat lain, maka obyek elips tersebut akan             
       bergeser.

Memperbesar dan memperkecil ukuran obyek

1.  Klik obyek lingkaran sehingga muncul node.
2.  Letakkan pointer pada node di pojok kanan bawah sehingga berubah      
     menjadi panah memojok.
3.  Klik-tahan-geser ke arah kanan bawah, sehingga obyek lingkaran
     menjadi lebih besar.

                   
     Gambar 3.5. Membesarkan obyek

4.  Klik obyek persegi panjang sehingga muncul node.
5.  Letakkan pointer pada node di pojok kanan bawah sehingga berubah      
     menjadi panah memojok.
6.  Klik-tahan-geser ke arah kiri-atas, sehingga obyek persegi panjang
     menjadi lebih kecil.
         
          Gambar 3.6. Mengecilkan Obyek

Note :
          Untuk memperbesar dan memperkecil dapat dilakukan pada setiap node. Jika menggunakan node pada setiap pojok, maka pembesaran dan pengecilan obyek secara proporsional. sedangkan pada node selain pojok akan menghasilkan perubahan obyek secara bebas.

Rotasi Obyek

1.  Aktifkan obyek segi lima sehingga muncul node.
2.  klik sekali lagi pada obyek tersebut sehingga node akan berubah
     menjadi anak panah.
3.  Letakkan pointer pada salah satu anak panah pada salah satu pojok,
     sehingga berubah menjadi pointer panah melingkar .
4.  Klik-tahan-putar searah jarum jam, lalu lepaskan. Anda perhatikan
     hasilnya.

          
          Gambar 3.7. Rotasi Obyek


Skewing Obyek

1.  Aktifkan obyek Spiral sehingga muncul node.
2.  Klik sekali lagi pada obyek tersebut sehingga node akan berubah
     menjadi anak panah.
3.  Letakkan pointer pada panah horisontal yang terdapat pada bagian atas atau bawah obyek sehingga berubah menjadi  .
4.  Klik-tahan-geser kanan atau ke kiri, lalu lepaskan. Anda perhatikan
     hasilnya.

          

          Gambar 3.8. Skewing

Note :
          Untuk Rotasi obyek dapat menggunakan node panah pada setiap pojok. Untuk Skewing obyek dapat menggunakan panah vertikal pada bagian kanan dan kiri obyek maupun horisontal pada bagian atas dan bawah obyek.

Menggandakan obyek

1.  Aktifkan teks “YOGYAKARTA “ sehingga muncul node.
2.  Letakkan pointyer pada tanda silang di bagian tengah obyek sehingga
     berubah menjadi panah empat arah  .
3.  Klik-tahan-geser ke bawah. Sebelum klik di lepas, lanjutkan dengan klik kanan sehingga klik kanan dan kiri ditekan bersama, lalu lepaskan secara bersamaan. Anda perhatikan maka teks akan menjadi dua.
         

                   Gambar 3.9. Menggandakan Obyek.



4.  Aktifkan obyek polygon, sehingga muncul node.
5.  Tekan dan tahan tombol Ctrl pada keyboard, lalu lakukan instruksi
     langkah ke 2 dan 3 diatas. Maka hasilnya akan berjajar vertikal.              

Mencerminkan Obyek

1.  Aktifkan obyek teks.
2.  arahkan pointer pada node sebelah kanan obyek sehingga membentuk               panah atas-bawah .
3.  Tekan dan tahan tombol Ctrl pada keyboard, lalu klik-tahan-geser  
     pointer tersebut ke bawah sampai melewati obyek.
4.  Sebelum tombol Ctrl dan klik di lepas, klik kanan sehingga klik kiri dan kanan ditekan bersama.
5.  Lepaskan klik kanan dan kiri, lalu lepaskan tombol Ctrl. Anda lihat  
     hasilnya.

                   

          Gambar 3.10. Pencerminan Obyek


Membuat halaman baru

1.    Klik menu Layout --> Insert Page

     

     Gambar 3.12. Insert Page

2.  Klik tombol OK.

          Corel Draw menyediakan bermacam-macam tool untuk membuat garis antara lain Freehand Tool, Bezier Tool, Natural Pen Tool, Dimension Tool dan Connector Line Tool.
         
          


          Gambar 3.13. Line Tool

          Keterangan : Urut dari kiri ke kanan masing-masing Freehand Tool, Bezier Tool, Natural Pen Tool, Dimension Tool dan Connector Tool.

Membuat  Garis menggunakan Freehand Tool
1.  Klik icon Freehand Tool  .
2.  Kik-tahan-geser ke sembarang tempat secukupnya lalu lepas.

Membuat garis Menggunakan Bezier Tool
1.  Kik icon Bezier Tool  .
2.  Leakkan di halaman, lalu klik disembarang tempat.
3.  Klik lagi di tempat lain, lanjutkan klik ditempat lain sehingga saling          tersambung.

Membuat Garis Menggunakan Natural Pen Tool

1.  Aktifkan icon Natural Pen Tool 
2.  Anda perhatikan pada Property bar. Natural Pen Tool menyediakan
empat jenis pen, yaitu berjajar dari paling kiri ke kanan masing masing                 
Fixed Width Natural Pen Type Pressure Natural Pen Type, Caligraphic Natural Pen Type dan Preset Natural Pen Type

     

     Gambar 3.14.  Property Natural Pen Tool

3.  Klik icon Fixed Width Natural Pen Type pada Property bar.
4.  Klik-tahan-geser di halaman sehingga membentuk garis.
5.  Lakukan langkah diatas untuk mencoba jenis garis pada Natural pen                   yang lain.

Membuat garis menggunakan Dimension Tool

1.  Buatlah sebuah obyek persegi panjang menggunakan Rectangular
     Tool.
2.  Klik icon Dimension Tool . Pada Property Bar akan muncul icon  
     seperti berikut :
          
         
Gambar 3.15. Property Dimension Tool.

          Anda dapat memilih jenis garis ukuran pada Property Bar antara lain (urut dari kiri ke kanan) Auto Dimension Tool, Vertical Dimension Tool, Horizontal Dimension Tool, Slanted Dimension Tool, Callout Dimension Tool dan Angular Dimension Tool.

3.  Klik icon Auto Dimension Tool pada Property Bar, lalu arahkan       
     pointer pada sisi sebelah atas obyek persegi panjang.
4.  Klik pada sudut kiri-atas obyek persegi panjang, lalu lepaskan
5.  Klik pada sudut kanan-atas obyek persegi panjang, lalu lepas.
6.  Klik ditengah-tengah antara sudut kiri-atas dan kanan-atas pada garis                horisontal. Anda lihat hasilnya. Jika kurang jelas tanyakan pada       
     instruktur yang cakep.

          

          Gambar 3.16. Dimension Line

         
Membuat Garis Menggunakan Connector Line Tool
1.  Klik icon Connector Line Tool .
2.  Klik pada halaman di sembarang tempat.
3.  Klik ditempat lain sehingga membentuk haris lurus.
4.  Klik untuk di tempat lain .
5.  Klik ditempat lain untuk membentuk garis lurus yang lain.



MEMBUAT DAN MEWARNAI GARIS

Untuk membuat garis, tools yang digunakan adalah kelompok Freehand Tool

Freehand Tool :
-  Untuk membuat  garis lurus  dengan  melakukan  klik  pada  awal  garis, kemudian
geser mouse ke titik akhir garis kemudian klik pada titik akhir garis.
-  Untuk membuat garis berbentuk kurva dengan melakukan (tekan) klik kemudian
geser mouse sesuai dengan garis kurva yang ingin dibuat kemudian (lepas) klik
pada mouse.
-  Untuk mengatur ukuran, betuk awal, bentuk akhir, ukuran garis maka lihat pada
property bar.


















MENGATUR TEXT
Berikut ini cara mengatur ukuran, jenis dan warna text :
Untuk mengatur ukuran text :
-  klik  text  tool kemudian klik  pada  page bagian  yang manakah yang akan  diberi
text
-  klik menu text
-  klik submenu format text
-  atur ukuran text dengan memilih size text















atau setelah anda klik text tool, langsung anda lihat ke panel property, atur ukuran text pada Font Size List





Mengatur jenis text :
Langkahnya sama seperti pada cara mengatur ukuran teks, hanya yang anda pilih pada
panel format text adalah Font bukan Size

Mengatur warna text :
Setelah  anda  ketik  text  yang  telah  anda  siapkan  pada  page, untuk mengubah  warna
textnya adalah sebagai berikut :
-  klik text dengan menggunakan pick tool
-  kemudian klik warna text yang ingin anda pilih dengan memilih warna pada panel
color pallete




Artistic media tool :
Tool  ini  memberikan  beberapa  pilihan  bentuk  yang  bisa  kita gunakan,  diantaranya  Preset, Brush, Sprayer, Calligraphic, dan Pressure. 
Cara untuk membuat garis dengan menggunakan tool ini adalah dengan melakukan klik
(tekan), kemudian geser garis sesuai dengan betuk garis yang kita inginkan, kemudian
lepas mouse.
Berikut  ini type garis  yang  dapat  kita lihat  pada  panel  property setelah kita klik artistic
media tool pada toolbox :























BaB 4


>> Membuat Dan Mewarnai Bentuk <<



Untuk membuat berbagai gambar bentuk kita dapat memilih berbagai bentuk yang ada
pada  corel  ataupun  menggambar  sendiri  dengan  menggunakan kelompok  freehand
tool.
Untuk  menggambar  bentuk  dengan  memilih  bentuk  yang  ada  pada corel,  maka  ada
beberapa tool untuk membuat bentuk yang diberikan oleh corel antaranya :

-  rectangle tool




-  ellipse tool





-    Polygon tool


-    Basic shape



sebagai  contoh  untuk  membuat  gambar  berupa  gambar  berupa gambar  bintang,
caranya adalah :
-  klik agak lama untuk menampilkan option tool pada polygon tool
-  pilih star shape
-  gambarkan di page

-  klik pada gambar yang telah dibuat
-  atur ukuran garis dan lain-lain yang dapat dilihat pada property bar 
-  atau  gunakan  outline  tool  yang  ada  pada  toolbox  untuk  mengatur ukuran
garisnya.












untuk mewarnai objek, yang kita lakukan adalah :
-  pilih objek yang akan kita rubah warnanya
-  klik fill tool  yang  ada  pada  toolbox,  pilih  bentuk warna  yang diinginkan dengan
memilih salah satu option tool yang ada pada fill tool


(objek  bintang dengan pilihan warna pada  textur fill dialog, dengan pilihan warna CMYK)

Untuk mengilangkan, mempertebal atau menganti garis luar pada objek menggunakan Outline tooll.


SELEKSI DUA OBJEK
Untuk  menggabungkan  atau  menghilangkan  bagian  dari  suatu  objek dengan
mengkolaborasikan dengan objek yang lain kita dapat memilih beberapa model seleksi
diantaranya weld, trim, intersect, simplify, font minus back dan back minus font. 
Kita bisa melihat beberapa tool tersebut pada property bar.


Cara mengkolaborasikan dua buah objek adalah sebagai berikut :
-  buat dua objek yang berbeda
-  buat dua objek tersebut bersinggungan
-  klik atau pilih/seleksi kedua buah objek tersebut
-  lihat ke panel property
-  pilih model penyeleksian 




EFEK KHUSUS PADA OBJEK
Pada corel draw terdapat berbagai macam tool yang dapat kita gunakan untuk membuat
suatu  efek khusus.  Tool  tersebut  berupa  interactive blend tool, interactive  contour
tool, interactive distortion tool, interactive envelope tool, interactive extrude tool,
interactive drop shadow tool dan interactive transparency tool.

untuk menerapkan teknik efek khusus, lakukan percobaan berikut ini :
Interactive Blend Tool
-  buat gambar lingkaran pada page
-  buat gambar bintang pada area yang lain
-  pilih interactive blend tool yang ada pada toolbox
-  tarik garis dari gambar berbentuk bintang ke gambar berbentuk lingkaran
-  hasilnya sebagai berikut :

Interactive Contour Tool
-  buatlah bentuk bintang pada page
-  pilih interactive contour tool yang ada pada toolbox
-  klik pada center objek dan drag keluar dari objek bintang
-  hasilnya adalah sebagai berikut :













Interactive Drop Shadow Tool
-  buatlah hambar segiempat pada page
-  pilih interactive drop shadow tool yang ada pada toolbox
-  klik dan drag keluar objek segiempat
-  haslinya dapat dilihat sebagai berikut :


MENYIMPAN GAMBAR
1.    Klik menu File  Save As

          Gambar 3.11 : Save As

1.  Klik Pada Save In untuk menentukan letak penyimpanan file.                  
2.  Klik pada File Name, lalu ganti nama Graphic1 dengan Latihan1
3.  Klik tombol Save.                
                                                       BaB 5
>> Membuat Design Sederhana<<


Mengetahui fungsi Shaping


Fungsi shaping adalah alat untuk menggabungkan dua benda atau lebih menjadi bagian atau bentuk tertentu. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar-gambar berikut :





















  1. Buat dua benda yang berbeda, kemudian jadikan satu atau tempelkan kedua buah benda. Sebagai contoh buat persegi pajang dengan lingkaran, lalu satukan kedua buah benda.












  1. Setelah kedua benda digabungkan, drag kedua benda tersebut. Setelah itu pilih menu arrange_shaping_trim, maka gambar akan tampak seperti gambar di bawah. Tampak bagian yang di atas yaitu persegi panjang terpotong oleh lingkaran di atasnya.












  1. Langkah yang sama yaitu kedua benda digabungkan, drag kedua benda tersebut. Setelah itu pilih menu arrange_shaping_weld, maka gambar akan tampak akan tergabung menjadi satu bentuk campuran antara persegi panjang dengan lingkaran.
















  1. Langkah yang sama yaitu kedua benda digabungkan, drag kedua benda tersebut. Setelah itu pilih menu arrange_shaping_intersect, maka gambar yang terdapat di atas akan terpotong dengan gambar yang ada di bawah.. dalam contoh lingkaran akan tampak terpotong.











  1. Langkah yang sama yaitu kedua benda digabungkan, drag kedua benda tersebut. Setelah itu pilih menu arrange_shaping_Simpilify, fungsi ini hampir sama dengan fungsi trim yang sudah ada
















  1. Langkah yang sama yaitu kedua benda digabungkan, drag kedua benda tersebut. Setelah itu pilih menu arrange_shaping_front minus back, fungsi ini berguna untuk memotong benda kerja yang ada di atas, seperti tampak di gambar














  1. Langkah yang sama yaitu kedua benda digabungkan, drag kedua benda tersebut. Setelah itu pilih menu arrange_shaping_back minus front, fungsi ini berguna untuk memotong benda kerja yang ada di bawah, seperti tampak di gambar





























Membuat warna dengan mengunakan fungsi Fill Tool


  1. Buat bangun ruang seperti contoh di bawah














  1. Gunakan beberapa fasilitas fill tool untuk membuat beberapa warna






  1. Gunakan beberapa fasilitas fill tool untuk membuat beberapa warna, sebagai contoh mempergunakan fountain fill akan menghasilkan percampuran warna seperti yang kita inginkan. Baik dua percampuran warna atau lebih.




























Jika menggunkan perpaduan warna, akan tampak seperti pada bagian atap rumah di gambar contoh



















  1. Selain itu ada fungsi pattern fill dialog dan texture fill dialog.


















Akan di dapatkan beberapa warna dan tekstur yang sudah disediakan, silahkan bereksploitasi dengan beberapa warna yang ada. Jika di lihat dalam gambar akan tampak beberapa warga sebagi berikut ;
















Membuat Poster sederhana

1. Siapkan bidang kerja seperti pada gambar di bawah













  1. Import foto dari dokumen,







 


















3. Taruh foto seperti contoh lalu buat persegi panjang dengan warna biru di bawah

















4. percantik foto dengan garis dan warna sejenis dan masukkan materi poster


















5. Hasil poster sederhana











Membuat cover buku sederhana

  1. Siapkan bidang kerja. Buat warna dasar dari cover buku















  1. Tambahkan kotak untuk mempercantik tampilan

















  1. Tambahkan gambar untuk menonjolkan cover. Jika memungkinkan ambil gambar yang sesuai dengan materi buku



















  1. Jika membuat buku tentang puisi masukkan beberapa nama untuk mempercantik. Gunakan jenis tulisan (Font) agar terlihat indah



















  1. Gunakan font yang indah saat menentukan jenis dan warna huruf pada judul. Usahakan font tidak terlalu “aneh-aneh” usahakan agar mudah dibaca.




















  1. Usahakan untuk komposisi warna untuk membuat cover dinamis

















Membuat kartu nama sederhana

  1. Buat bidang dengan ukuran pajang 9 Cm lebar 5,5 cm. beri warna dengan gradian tertentu

















  1. Hiasi dengan garis tepi dan juga beri warna segitiga di pojok















  1. Tulis nama dan juga alamat anda. Setelah itu pilih jenis tulisan dan besar tulisan yang sesuai dengan anda






















  1. Berikan sentuhan akhir dengan beberapa gambar yang bisa diambil dari text_inset symbol. Pilih beberapa menu yang sudah tersedia


















  1. jadi deh….!!!!!






BaB 6


>> Tutorial Tambahan <<

            Dalam bab ini dipaparkan beberapa tutorial pembuatan desain menggunkan corel draw. Tutorial sepenuhnya di ambilkan dari internet bersumber dari beberapa web desain (free tutorial corel draw)


Bukan hanya MS OFFICE Word yang bisa berkreasi dengan Wordart miliknya. Corel Draw juga bisa. Ayo kita bikin tulisan 3 d ( 3 dimensi ) dengan CorelDRAW...

Caranya semudah mengambil permen dari anak kecil... Wah... Wah... jangan dipraktekkan ya itu cuma perumpamaan aja...

Pertama: Siapakan Permen... Buat temen disain supaya gak boring

Okey.. ini langkah-langkahnya:
1. Buka Coreldraw - New

2. Ketik Reg[spasi]belajar-grafis Kirim ke 0123... hehehe... bercanda...
Maksudnya tulilskan apa aja di kertas/lembar kerja corel, disini saya menulis belajar-grafis

Catatan: pilih font yang tebal ya... contoh: Rockwell Extra Bold

3. Setelah itu cari yang namanya: Interactive Extrude Tool pada toolbox


4. Kembali ke tulisan yang anda buat... lalu klik kiri dan tahan mouse sampai ada panah bergeser, gerakkan sesuka anda namun disini saya menggerakkan ke bawah


5. Nah Sekarang tinggal pewarnaan aja, lihat sebelah kanan atas monitor...? ada gambar seperti di bawah ini, disini urutannya adalah klik 1 - 2 - 3 - 4, kayak gini sapa yang gak bisa...

Catatan: untuk 3 dan 4 gambar di atas adalah untuk menentukan warna.. terserah anda namun disini saya pakai

warna kuning dan merah... jadi...Semuannya juga mudah kalo kita tau caranya...
Hasilnya:

3 Dimensi dari Belajar-Grafis -> Bisa dikembangkan lagi



CorelDRAW merupakan program yang memudahkan kita dalam menggambar, untuk itu kita akan mempelajari dasar dari menggambar yaitu teknik shaping...

Apa yang dimaksud teknik shaping?
Teknik shaping adalah teknik penggabungan untuk menggabungkan 2 bangun atau lebih.

contohnya:
Untuk menggambar arah panah maka kita harus menggambar sebuah kotak dan sebuah segitiga
1. Buka program corelDRAW - Pilih "new"
2. Lalu gambar kotak dan segitiga dengan menggunakan tool gambar kotak di sebelah kiri atau tekan F6


Lalu gambar segitiga dengan menggunakan tool "Basic Shape"
Caranya [klik kiri] basic tool di sebelah kiri,

llalu di sebelah atas ada pilihan properties gambar, klik panah dalam lingkaran dan pilih gambar segitiga,

gambar segitiga tersebut di kanvas lalu [klik kiri] gambar tersebut sehingga gambar muncul tanda berputar, putar gambar
*Hasil Gambar:

satukan kedua gambar seperti gambar di bawah ini dengan menggunakan tool di sebelah kiri bergambar tanda panah yaitu "pick tool"

tekan tombol [shift] lau klik segitiga dan kotak
atau tekan [ctrl] + [A]
Hal ini untuk selected all / memilih semua

3. Setelah melakukan hal tersebut maka akan muncul properties shaping
Tiga proses shaping yang paling sering digunakan:
Weld = untuk menggabungkan dua bangun menjadi satu kesatuan
Trim = untuk memotong bangun yang dikehendaki dengan potongan yang sama dengan bagun pertama yang di pilih
Intersect = membuat bagun baru dari perpotongan kedua bangun atau lebih / irisan bangun

4. Pilih shaping "Trim"
Maka gambar akan menjadi satu kesatuan
Warnai gambar untuk mempercantik tampilan

Arah Panah "dengan teknik shaping - TRIM"



CorelDRAW merupakan aplikasi grafis yang bisa dibilang sangat istimewa. Salah satu keistimewaan itu adalah efek curl page atau efek lipatan lengkung pada sisi gambar. Kelihatannya efek ini sangat sulit, tapi benarkah? Mari kita coba membuatnya...

Disini yang kita butuhkan adalah...

1. Instal Coreldraw pada PC, Laptop, Komputer, Notebook, Apa aja deh yang penting bisa ke-instal Program corelDraw

2. Dibutuhkan konsentrasi tinggi... jadi siapkan kue kering atau keripik kentang buat tambahan energi

3. Jangan lupa teh manis, masak gak ada minumannya...

Cukup... kalo semua itu sudah terpenuhi... mari kita mulai beraksi...

Dalam tutorial kali ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat efek yang rumit tapi ternyata caranya amat sederhana. Efek ini dikenal dengan efek Curl page...

Langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi coreldraw --> pilih new

2. Sebagai contoh saya menggunakan koleksi Wallpapers dari belajar-grafis.co.nr yang anda bisa download gratis



3. Selanjutnya adalah import gambar
import gambar - digunakan untuk memasukkan gambar ke dalam lembar kerja
Caranya:
Masuk ke menu utama lalu pilih File - Import atau [ctrl] + [i]
cari dan pilih gambar yang diinginkan - import -pada lembar kerja, tekan dan tahan klik kiri kemudian Drag pada lembar kerja

Yuo... Gambar mulai masuk ke lembar kerja

4. Yang kita lakukan saat ini adalah memilih objek yang akan diedit
Sekarang arahkan pointer pada gambar lalu [klik kiri]
Setelah hal diatas anda lakukan maka:
Saatnya memberi efek curl page

Caranya: Ke Manu utama
Pilih Bitmaps --> 3D Effects --> Page Curl...

inilah penjelasannya:
Pengaturan Lipatan digunakan untuk mengatur dimana lipatan yang diinginkan, misalnya hanya kanan dan kiri maka klik kotak kanan dan kiri pada pengaturan

Setelah selesai mengutak - atik maka tekan [OK]

Hasilnya:
Karena saya disini hanya menekan pengaturan kanan maka page curl hanya terjadi di sebelah kanan

Bunga Matahari - I Love it......

 


Kali ini penulis ingin berbagi tips untuk membuat desain kartu nama simpel tapi mempunya nilai tinggi…*_-

Kartu nama VIP Belajar Desain Grafis Indonesia by Irvan F

Menarik bukan? Begini Langkah-langkahnya:

1. BukaCoreldraw - New - Buatlah kotak menggunakan Rectangle Tool dengan ukuran 9 x 5,5 cm

Kotak dengan ukuran 9 cm x 5,5 cm

2. Klik pada objek kotak menggunakan Pen Tool kemudian perhatikan properti bar diatas,Pada propertis Corner Roundness ganti 0 menjadi 5 yang bertujuan agar sisi pojok pada kotak agar lebih melengkung…

Properties Pen Tool

3. Klik Fill Tool - Pilih Fountain Fill Dialog (menberikan warna gradient pada objek)

Setelah itu Muncul Panel seperti berikut:

Pengaturan Fountain Fill
Ganti beberapa propertis yang diberi tanda diatas :
- Type : Gradient
- Angle : -90
- From : Blue
- To : Cyan
- Tekan tombol OK

4. Butlah persegi panjang (kotak dengan garis kuning) dengan menggunakan BEZIER TOOLSehingga membentuk objek seperti gambar dibawah ini:


5. Klil Pada SHAPE TOOL kemudian Blok Objek (1) > KLIK KANAN – TO CURVE(agar garis tersebut dapat dilengkungkan)


6. Tarik Garis Lurus tersebut hingga melengkung sesuai dengan keinginan anda

Beri warna pada objek tersebut sesuai keingginan anda kemudian...

7. Pilih INTERACTIVE TRANSPARENCY TOOL untuk memberikan efek transparan pada objek (1)


8. Klik pada Objek 1 kemudian Tarik Garis hingga membentuk transparansi objek seperti dibawah ini:


9. Kemudian buat 2 garis Lurus menggunakan BEZIER TOOL seperti gambar dibawah dan ulang efek seperti langkah di atas..


10. Terakhir tambahkan Teks sesuai dengan apa yang ingin anda isikan dalam kartu nama tersebut..hingga menjadi kartu nama yang simpel tp bermutu..

Ini adalah salah satu contoh, namun Anda bisa berimprovisasi sendiri:

VIP Belajar Desain Grafis Indonesia

 




Kali ini dengan CorelDRAW kita akan membuat Logo Salah satu TV Swasta di tanah air yaitu SCTV. Gimana Caranya...

Cara membuatnya:

1. Buka aplikasi coreldraw --> new

2. Gunakan icon teks tool atau tekan tombol [F8]
buat seperti ini

Untuk huruf S gunakan Font = Arial Black , ukuran = 24,8 pt
Untuk huruf C gunakan Font = Tw Chen MT Condensed , ukuran = 26,3 pt
Untuk huruf T,V gunakan Font = Arial Black , ukuran = 24 pt

3. Setelah itu warnai dengan Color Tool di sebelah kanan, jika belum muncul makan kalian aktifkan dengan Masuk ke menu Utama di atas
Window --> Color Palettes --> Default CMYK Palette
Cara Mewarnai: Pilih Pick Tool di tool box sebelah kiri, Klik kiri Huruf yang akan diwarnai, klik warna
NB: Pilih Warna "Blue Sky"
Lihat gambar


4. Sekarang tinggal menyelaraskan, Pakai pick tool dan atur seperti ini


5. Buat Lingkaran dengan Elipse Tool atau tekan [F7]
NB: Waktu membuat lingkaran tahan tombol [Shift] + [Ctrl]
Atur sehingga seperti ini


6. Gunakan pick tool lalu klik lingkaran yang kamu buat
Selanjutnya cari fill tool pilih Fountain Fill Dialog atau tekan [F11]


7. Muncul dialog seperti ini, seting seperti gambar

Setelah itu tekan "OK"

8. Setelah itu cari Outline tool dan pilih No Outline


Yup hasilnya adalah

Logo SCTV yang keren

 

 

 

Membuat Butiran Air



Tutorial yang akan saya bawakan kali ini adalah, membuat butiran air dengan aplikasi CorelDraw, saya sengaja menggunakan Coreldraw. Alasannya adalah vector, yang tidak mengalami distorsi walaupun gambar diperbesar beberapa kali.

Langsung saja :
Pada awalnya kita membutuhkan sebuah rectangle yang nantinya digunakan sebagai alas.
Tekan F6 di keyboard untuk langsung membuatnya. Di sini saya membuatnya dengan ukuran 368 x 234 pixel.

Kemudian saya menggunakan elispe tool dengan menekan F7 di keyboard untuk membuat
sebuah elips dengan ukuran 43 x 51 px.


1. Melakukan duplikasi elips tersebut dengan mengopynya ctrl+c lalu mem-pastenya ctrl+v di tempat yang sama.

2. Setelah itu, di luar persegi, buatlah sebuah rectangle ( ukuran bebas ). Kemudian, rectangle yang telah dibuat tadi di taruh di atas elips hasil kopian yang tadi.


3. Dalam keadaan keduanya terpilih. Lakukan trim ( back minus front ).
Sehingga hasilnya seperti ini, setelah fillnya di beri warna putih.

4. Dengan transparency tool, lakukan transparasi gradien, menjadi seperti ini. kemudian lakukan langkah no 1 sebanyak 2 kali. hal ini di gunakan untuk memberi sisi gelap dari butiran air.

5. Perbesarlah salah satu elips yang tadi ... kemudian lakukan trim, seperti di langkah ke 3.

6. Kemudian dengan transparency tool, lakukan transparansi gradien seperti ini ...

7. Setelah itu, hilangkan outline-nya dengan memilih objek yang akan dihilangkan outline, kemudian klik ikon seperti gambar di bawah ini :

8. Kemudian, buatlah elipse dengan ukuran 6 x 6 pixel. Beri fill colornya warna putih. Setelah itu berilah shadow effect, dengan memilih interactive drop shadow tool, shadow ini akan di gunakan sebagai pantulan cahaya putih nantinya.

9. Beri drop shadow colornya berwarna putih, kemudian drop shadow opacitynya 86 persen.

10. Kemudian buatlah kembali elips dengan ukuran 43 x 51 pixel. Beri fillcolornya berwarna putih.
11. Setelah itu, buat kembali elips dengan ukuran 50 x 51 pixel. Elips ke dua ini di taruh di bawah elips sebelumnya.

12. Lakukan trim ( back minus front ) pada kedua elips tersebut sehingga menjadi seperti ini. Kemudian berilah transparasi sebesar 68 persen.







Glossy Text Dengan Corel....!!

Kali ini aku mo coba bagi pengetahuan dikit tentang cara ngegambar dan bikin efek sederhana Pake Corel Draw. Topik yang akan aku angkat yaitu tentang gimana bikin teks gllosy ala logo Leopardnya apple. ( nggak mirip sih ...tapi dimiripin aja keli ya...!! )

O.K Langsung saja langkah pertama adalah bikin dulu teks yang bakal kamu permak nantinya dengan menggunakan Text Tool . kali ini aku pake teks corelDraw


Berikutnya kita ubah obyek text tersebut menjadi object curve, kenapa harus ..? soalnya kalo masih berbentuk teks maka obyek ini akan sulit untuk di edit tempilannya...
Caranya Klik aja " Arrange > Convert To Curves "..dah gitu aja
Setelah proses pengkonvert-an selesai berikutnya kita akan mulai buat efek kilau pantulan cahanya. Caranya adalah buat obyek kotak sembarang dengan menggunakan "rectangle tool" ( fill-nya putih ya...)seperti gambar dibawa ini:



masih dalam keadaan terseleksi ( kotak putih ) Klik tombol "Interactive transparency tool", Kemudian buat obyek kotak menjadi seperti gambar di bawah ini:
Kayaknya dimiringin dikit bagus dech kotak putihnya..


tukan lebih artistik...

Berikutnya kita gabungkan antara obyek tulisan denngan obyek kilauan. yaitu dengan cara memasukkan obyek kilauan ke dalam obyek tulisan. Caranya
- pertama, kklik obyek kotak atau obyek kilauan
- trus pilih menu "Effects > PowerClip > Place insert container"
- setelah itu kursor kamu akan berubah jadi panah gede, arahkan panah gede itu ke obyek tulisan..
- Dan hasilnya akan kayak gini...



KAyaknya hasilnya masih kurang sesuai ya....
Untuk menyesuaikan isi (content) dari obyek tulisan caranya adalah
Klik Kanan obyek tulisan > pilih Edit Contents....
Nah gambarnya akan berubah kayak gini...


Ini artinya kamu sedang berada di dalam obyek tulisan...dan didalam obyek tulisan sekarang ini hanya ada obke kotak atau kilauan.
Berikutnya kamu ubah ubah posisi obyek kilauan hingga posisinya cukup realistis..
Kalo dah selesai bisa langsung klik tombol yang ada di sebelah kiri bawah....

Berikutnya biar tambah keren, kita buat obyek bayangan dari tulisan itu..caranya klik obyek tulisan...
Kemudian pilih menu "Arrange > transformasion > Posisition"
Maka setlah kamu klik, pada bagian kanan akan muncul menu kayak gini


Buat settingannya sama dengan gambar di atas...
Kalo udah sesuai setingannya klik " Apply to duplicate "
Maka hasilnya akan seperti ini


Biar agak mirip bayangan, kita buat obyek yang kedua menjadi samar samar dengan menggunakan "Interactive Transparency tool"...Dan hasilnya jadi kayak gini...


Kita juga bisa tambahkan obyek latar belakandg biar tulisannya jadi lebih realistis dan artistik..
kira kira hasilnya kayak gini....


Dah ...Akhirnya selesai juga proyek kedua kita pake Corel Draw...



pernah bermain billiard atau Bola Sodok? Kali ini kita akan membahas cara untuk membuat object yaitu bola nine ball, caranya ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan, berminat? silahkan pelajari tutorial ini...

Pertama-tama:

Siapkan contoh bola billiard --> kalo gak punya? pinjem tetangga...
Kalo gak ada? ya... gak masalah yang terpenting adalah anda mulai berimajinasi tentang bola nine ball... ^,^

oke2x.. cukup sudah intermezonya, sekarang mari kita praktekkan cara-caranya:

1. Buka program corelDRAW - Pilih "new"

2. Alihkan perhatian pada Tool Box di sebelah kiri Layar
Lalu carilah tool dengan nama Elipse Tool 

Lalu mulailah menggambar Lingkaran pada lembar kerja/Kanvas
Tips: Tekan dan tahan tombol [ctrl] agar lingkaran yang dibuat simetris

3. Warnai linkaran yang kamu buat dengan gradien / Fountain Fill Dialog


Rekomendasi Setting seperti ini:
fountain_fill

Hasilnya:

kita namai saja Linkaran Besar

4. Setelah itu, buat lingkaran dengan warna putih di tengah linkaran besar
Seperti ini:
lingkaran
YUp...

Lalu beri angka 9 [terserah anda tapi disini karena judulnya nine ball ya pakai angka 9]
disini saya memakai Font Style "Forte"

Hasilnya:

hehehe...

5. Udah jadi? Belum...
Sekarang kita berikan efek mengkilat agar terkesan 3 dimensi
Caranya Buat lingkaran seperti gambar di bawah:

Setelah itu gunakan efek transparansi gambar


jika anda belum mengerti efek transparansi gambar:
Silahkan baca terlebih dahulu tutorial ini:
Menguasai teknik transparansi gambar

dan hasilnya seperti ini:


....??? apa ya yang kurang...
Ya bayangan... sekarang tinggal kita beri bayangan agar terkesan seperti nyata...

Gunakan “Interactive Drop Shadow Tool”
interactive_drop_shadow_tool

Sama seperti cara menggunakan transparasi gambar
Hasilnya:
efek_transparansi
Udah hampir jadi...

Tinggal polesan akhir / Finishing Touch...

Caranya:
Blok semua gambar lalu masuk ke "No Outline"
efek_no_fill

Dan inilah hasil akhirnya.... Sebuah masterpiece... Nine Ball...
nine_ballPerbesar tampilan?
Ukuran Bola Nine Ball Siap dimainkan....


















Terinspirasi dari salah satu blog penyedia tutorial photoshop yang terkenal yaitu dremi.info, maka kali ini kita akan membuat Flash Disk tapi dengan menggunakan Coreldraw...

Expert Tutorial - Harap menguasai Layout Coreldraw dan sedikit Fungsi Tool Box Coreldraw 
Langkah - Langkahnya:

Langkah 1
- Buka Program Coreldraw dan Pilih NEW
- Buat 2 Buah lingkaran dan 1 Kotak pada kertas kerja CorelDRAW

Lalu Gabungkan sehingga saling berdempetan seperti ini:


Kemudain tekan CTRL + A untuk menyeleksi semua bangun dan Gunakan Weld untuk menggabungkan, Hasilnya:
Akan terbentuk bangun seperti kapsul obat...

Langkah 2
Pada bangun tersebut tekan F12 dan atur seperti ini:

Hasilnya:


Sekarang berikan Efek Transparacy
Tekan [+] untuk menggandakan bangun terbebut dan warnai dengan warna putih:

Lalu gunakan Interactive Transparency Tool, kemudian gunakan No Outline untuk membuang garis border bangun
Sehingga hasilnya seperti ini:

Kemudian Tekan [CTRL] + [A] dan [CTRL] + [G] untuk Group
Langkah 3
Sebelum memecah bangun tersebut sebaiknya gandakan dulu bangun tersebut
Pecah keduanya sehingga membentuk seperti ini, disini saya menggunakan Trim
Caranya buat Kotak dan letakkan di bangun flash diks tersebut lalu seleksi keduanya dan tekan Trim


Sebelum di Trim


Setelah di Trim

Nah... Sekarang tinggal menghapus kotak bantuan Trim
lalu dekatkan keduanya, hehehe... jodohkan...

Kayak kapsul Obat Nih...


Langkah 4
Tambahkan Berbagai Assesoris seperti kotak pada USB

Lalu

Kemudian

Nah kalo gini udah mirip FLASH Disk


Langkah 5
Warnai.... Caranya seperti Langkah 2
Jika kesulitan langsung aja gunakan color pallete dan warnai dengan warna hitam dan abu-abu

Hasilnya (dengan Langkah 2):



Untuk yang masih pemula bisa menggunakan Corol Pallete

Hasilnya (dengan Langkah biasa... Color Pallete):


Langkah 6
Tambahkan hiasan dan kata - kata agar tampak jelas seperti sebuah Flash Disk,


































Mendesain merupakan sesuatu yang menyenangkan, kali ini kita akan men desain logo dan icon Windows Media Player dari OS - Operating Sistem Windows, kalo bikin softwarenya bisa bikin pusing tapi kalo bikin desainnya mudah kok...

Saatnya beraksi tapi tunggu dulu jangan lupakan kebiasaan menyiapkan cemilan dan playing your music biar pekerjaan bikin desain menjadi semakin asik dan menyenangkan. Belajar Coreldraw jadi lebih menyenangkan. Nah setelah siap semuanya jangan lupa berdoa dulu agar pekerjaan kita menjadi lancar dan terkendali serta maksimal.

Sekarang mari kita mulai membuat Windows Media Player dengan Coreldraw aplikasi powerfull dari Corel yang sangat memanjakan kita dalam men disain

Langkah - Langkahnya:

1. Buatlah 2 buah lingkaran dengan ELLIPSE TOOL (F7)


2. Setelah itu tekan CTRL + A (Select All)
Lalu tekan CTRL + G (Group)

3. Untuk Lebih memudahkan munculkan Grid, Caranya: pada Menu Utama pilih View - Grid, Kemudian buat 2 Kotak dengan Rectangle Tool (F6) sebagai bantuan memotong 3/4 bagian lingkaran


Sambli tekan dan tahan tombol Shift ---- Klik (Lingkaran - Kotak kanan - Kotak Bawah) lalu gunakan Metode Simplify 
Hasilnya:


Kemudian hapus kedia kotak dengan tombol Delete
Nah hasilnya:


4. Buang bagian lingkaran dalam dengan cara membuat lingkaran lagi dan gunakan metode Trim


Setelah di Trim (Caranya seperti pada metode simplify tadi)
Hapus yang tidak diperlukan, jadi tinggal 1/4 lingkaran ini


5. Klik bangun tersebut dan tekan tombol [+] pada keyboard sebanyak 1 X untuk menggandakan
Kemudian tekan mirror horrisontal 
Hasilnya:


Gunakan Move Tool dan atur posisinya:


6. Buat 2 Buah bagian lagi sehingga menghasilkan seperti ini
Tapi kali ini pilih mirror vertical


7. Sekarang tinggal membuat tombol PLAY jadi buat segitiga dengan 
Hasilnya:


Tinggal mewarnai saja, sebaiknya hilangkan Grid agar kanvas menjadi putih bersih lagi, caranya seperti mengaktifkan Grid tadi

8. Mewarnai bagian - bagian
Klik bagian yang ingin diwarnai dan pilih warna pada color pallete di sebelah kanan

Unofficial icon From Windows Media Player sudah tercipta, minta maaf loh kepada pemilik windows ini hanyalah sekedah latian saja jadi gak ada maksud apa - apa, apalagi membajak logo tersebut... hehehe... ;P


+ Tips Tambahan - Extreme Tutorial:
Untuk langkah ke 8 yaitu pewarnaan bisa menggunakan Gradien (Fountain Fill) agar lebih menarik

Pengaturan untuk warna merah

Hasilnya:


Bisa juga ditambahkan Interactive Shadow Tool
Hasilnya:


Anda bisa berkreasi sendiri dengan Tool - Tool yang ada dalam Coreldraw...
ini hasil karya alternatif dari penulis (jo - ilmugrafis)
Kalian pasti bisa berkreasi lebih hebat lagi... ;P
"I am Just Newbie who want to Share Tutorials..."

Unofficial Logo Windows Media Player














Logo ini saya dapatkan dari P.de GOOGLE..ketika saya sedang iseng-iseng cari info tentang flash.. saya sangat tertarik sekali dengan desainnya yang simpel dan menarik..OK sekarang kita akan mencoba membuatnya...

Langkah - Langkahnya:
1. Buatlah sebuah lingkaran dengan ELLIPSE TOOL (F7)

Diameter : 5 cm
Tekan F12 untuk mengatur warna dan ketebalan garis

Color : Black
Width : 15,0 pt (ketebalan garis)

2. Gandakan lingkaran tersebut sebanyak 3x --> tidak perlu copy paster karena corel memberi kita kemudahan dengan anda cukup menekan tombol [+] pada keyboard

Klik pada lingkaran 1 : tekan ( +) kemudian ganti diameter menjadi 3 cm
Klik pada lingkaran 2 : tekan ( + ) kemudian ganti diameter menjadi 1 cm dan beri warna hitam
Setelah terbentuk seperti objek diatas tekan CTRL+A (Gunanya untuk Select All yaitu menyeleksi semua obyek) kemudian CTRL+G (Gunanya untuk Grouping yaitu menggabungkan obyek sehingga menjadi kesatuan)

3. Buatlah sebuah kotak dengan RECTANGLE TOOL (ukuran : 6 x 3 cm)untuk memotong 3 lingkaran diatas agar menjadi setengah lingkaran

pastikan kotak yang anda buat sama seperti gambar diatas.

4. Takan CTRL+A Kemudian
Klik Menu ARRANGE > SHAPING > BACK MINUS FRONT


5. Buat teks FLASHDISTRO menggunakan TEXT TOOL
Font : ARIAL BLACK Style : Italic Size : 43
  • Blok teks FLASH : Klik warna ORANGE pada Color Palette
  • Blok teks DISTRO : Klik warna PUTIH pada Color Palette
  • KLIK KANAN warna HITAM pada Color Palette tujuannya untuk memberi outline pada teks
  • Tekan F12 untuk mengatur warna dan ketebalan garis

Color : Black
Width : 5,0 pt (ketebalan garis)
Centang kotak CheckBox Behind Fill
  • Atur jarak antar karakter agar lebih rapat
    Tekan CTRL+T

Spacing Character : -30

6. Atur posisi lingkaran dan teks agar terlihat bagus


7. Klik pada BEZIER TOOL > Buatlah bentuk objek seperti gambar di bawah

Tekan F12 untuk mengatur warna dan ketebalan garis
Color : Black
Width : 2,0 pt
Klik warna ORANGE pada Color Palette

8. Atur posisi objek sehingga membentuk sebuah logo yang menarik…
Hasilnya:

FLASH DISTRO Bikinan Anda


Kali ini aku akan mencoba membuat tutorial Bikin ICON Glosy dengan menggunakan Corel Draw. Obyek kita kali ini tergolong mudah dan sangat t masuk akal untuk dipelajari oleh orang yang mungkin belum pernah sama sekali ketemu dengan Corel Draw. Obyek kita kali ini saya buat dengan Software Corel Draw X3.

O.K langsung saja. Sekedar pemberitahuan aja gambar di bawah ini adalah hasil akhir obyek yang akan kita buat.

Sekarang kita masuk ke langkah pertama. Pertama kali buatlah lingkaran dengan menggunakan "Ellips Tool" . Agar memperoleh panjang dan lebar yang sama, tekan tombol "ctrl" pada waktu anda menggambar pada bidang gambar.

Setelah itu buatlah lagi satu buah obyek lingkaran seperti pada gambar dibawah ini. Atur Warna nya ini dengan menggunakan "gradient fill tool"



Atur Warna gradient sehingga menjadi seperti gambar di bawah ini.


Berikutnya akan kita dapatkan hasil seperti di bawah ini.


Berikutnya dengan menggunakan "Interactive Transparency Tool" ubahlah obyek kedua menjadi agak transparan. Caranya yaitu, klik "Interactive Transparency Tool" kemudian pilih obyek kedua ( Yang pake gradient fill ). Berikutnya klik bagian tengah dari obyek tersebut ( masih tetap dengan Interactive Transparency Tool ) tahan klik kemudian drag ke atas, sehingga hasilnya menjadi seperti gambar di bawah ini.

Ubahlah properti dari Transparency object yang semula "normal" menjadi "if lighter"

Hasilnya akan seperti ini


Warna Dasar sudah selesai. Usahakan dalam membuat obyek ini, kesan yang ditimbulkan adalah muncul semburat warna hijau yang muncul dari dalam lingkaran. Kalo aku pakenya paling enak dan hasilnya lumayan bagus ya pake cara ini tapi kalo kamu punya cara lain ya ga papa....

Langkah berikutnya adalah buat obyek baru, misal gambarnya kayak gini...



Kali ini kita akan bikin efek Kilau pada bolanya. Caranya bikin obyek lingkaran diatas ketiga oyek tersebut yang besarnya lebih kecil sedikit dibanding obyek lingkaran pertama. Beri warna putih dan letakkan tepat di tengah Obyek lingkaran Pertama.

Pilih Obyek yang berwarna Putih dan ubahhlah Oyek lingkaran tersebut menjadi Curve (Kurva) dengan menekan tombol "Ctrl + Q" Atau klik tombol ini .

Dengan menggunakan "Shape Tool" Editlah obyek lingkaran berwarna putih sehingga menjadi gambar seperti ini.


Berikutnya Untuk membuat efek Berkilau Gunakan Interactive Transparency Tool pada obyek yang berwarna putih. Atur hingga kamu mendapatkan hasil seperti gambar di bawah ini....


Dan...Akhirnya selesai sudah...





SHAPE MODULAR UNIK

Halo!! Kali ini, gw akan memberikan jurus ampuh untuk bikin2 desain unik di CorelDRAW. Aku menemukan jurus ini di CorelDRAW 11 (sekarang aku pakai ver. X3) ~well mungkin juga bisa dipakai di versi2 sebelumnya.

Saat liyat artwork pinky ini..



Apakah reaksi kamu:
1. "Ah.. Ini sih keciiiil.. Gw juga bisa!!"
2. "Hmm.. Lumayan rumit.. Caranya gimana tuh?"
3. "Wow!! Awesome.. Ini beneran pake CorelDRAW?!?"
4. "Gilaaa!! Ajarinn!! Ajarin!!!! Ajarinn!!!"


Apapun pilihan kamu, minumnya tetap teh sosro.. *Ah, gw ngapain sih?!* Believe it or not.. kamu bisa bikin artwork rumit macem ini dengan amat sangat mudah. Gw jamin nggak nyampe 10 menit.. (Hmm, kecwali kalo emang pd dasar kamu yg lelet sih-- ya jangan salahin gw.. >_<)

Oke..

1. Buka CorelDRAW, bikin satu curve aneh / unik make pentool. Curve bikinan gw agak sedikit berbau tribal..


2. Warnai aja terserah.. Gw pake warna merah..


3. Tanpa basa-basi, keluarkan docker rotasi dg cara klik Window >> Dockers >> Transformations >> Rotate (shortcut Alt + F8). Ubah beberapa opsi di sana: Angle-nya 45°, sumbu rotasi di pojok kanan (tanda 'check' ijo).


4. Klik 'Apply to duplicate' sebanyak 7 X !! Objek unik kita akan 'berkloning' secara melingkar. Dan satu bentuk unik sudah kita dapatkan!!! Surprise?!?


5. Tidak hanya 1 bentuk itu saja. Dengan memindah sumbu rotasi (pojok kanan, kiri, atas, bawah dst dst) kita bisa dapatkan bentuk2 menarik dari objek kita itu!! Tentu saja, setelah mengklik 'Apply to Duplicate'..

See?! Nggak nyampe 5 menit kan?!

6. Cara lain untuk membuat bentuk modular yang berbeda adalah dengan memindah sumbu rotasi secara manual. Caranya?! Klik 'objek unik'.. klik sekali lagi untuk merubah cara transformasi (dilambangkan tanda panah melengkung di sisi2 objek). Lihat ada simbol bulatan dengan titik di tengah itu?! Drag/geser sesuai keinginan kamu!! Di sini, gw pindah agak menjauh ke arah kanan. Dan setelah di-'Apply duplicate' 7x jadilah bentuk baru..


7. Dengan beberapa perpindahan sumbu rotasi, kita bisa menciptakan lebih dari 1001 bentuk baru dari 1 bentuk unik itu!!!!!! It's fun!!!!
__________________

 


Membuat Bercak Noda dengan SmudgeBrush


Dalam Tutorial Kali ini saya mencoba menjelaskan kepada anda bagaimana cara membuat suatu bercak noda, baik itu noda tinta, darah, noda bersejarah, kendaraan bernoda empat, halah! :D walaupun sebetulnya internet menyediakan secara gratis font symbol bercak-bercak tersebut, seperti WC Rhesus A, WC Rhesus B, etc.

Silahkan anda mengawalinya dengan membuat new file, kemudian buatlah sebuah lingkaran ( F7 ), untuk membuat suatu lingkaran anda cukup me-klik ctrl kemudian drag.
Untuk contoh, disini saya memakai diameter 831 pixel

setelah itu klik kanan object tersebut, pilih convert to curve, ini perlu dilakukan untuk mempermudah smudge brush nanti.

kemudian silahkan anda atur object lingkaran tersebut sedemikian rupa , sehingga terlihat seperti sebuah bercak yang jatuh dari atas
saya membuatnya seperti ini :

kemudian pilih smudge brush dan isi enter a fixed value for tilt setting dengan nilai 90






setelah itu anda bisa merubah bentuk object tersebut sedemikian rupa dengan shape tool

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar